Sunday 8 March 2015

Dampak Informasi Media Bagi Masyarakat Saat Ini

Saat ini informasi yang disebar melalui media, baik berupa media masa konvensional;berupa surat kabar (Koran), radio, televisi, dll. Maupun berupa media masa modern; seperti jejaring sosial, internet, dll; sudah sangat cepat dan mendunia. Hampir tiap detik informasi apapun didunia ini bisa didapat dengan cepat dan mudah.



    Disatu sisi kecepatan teknologi informasi ini sangat berguna didalam memenuhi rasa keingin tahuan manusia akan suatu informasi untuk dunia bisnis, hiburan, gaya hidup, teknologi, pendidikan, dll; disisi lain ada juga dampak yang ditimbulkan, seperti: munculnya kejahatan dengan teknologi, keributan yang dipicu dengan selisih pendapat di media masa online, pornographi, dll.

    Dampak perselisihan yang diakibatkan oleh media masa online yang terjadi begitu terasa di Indonesia, pada saat Pilpres 2014 kemarin.  Dimana masing-masing kubu saling berusaha untuk dapat memenangkan pasangan calon presidennya masing-masing; dengan segala upaya: dari promosi di media masa cetak / elektronik maupun online serta adanya perang pendapat / opini didunia maya. Bahkan mereka yang berdebat pendapat di ranah onlinepun; ada yang sampai ribut secara fisik, bahkan media masapun juga terlihat terbagi saling mendukung  masing-masing calon pasangan pilihan mereka masing-masing. Fenomena ini masih terus berlanjut sampai saat ini, walaupun kadar prosentase sudah tidak sebesar saat even Pilpres tersebut.

    Fenomena baru yang saat ini sedang menjadi trend saat ini, hanya berupa saling mengejek / membully  / membuat meme orang-orang yang tadinya mereka anggap tokoh serta tempat / daerah tertentu yang menjadi ikon kebanggaan.
Disini penulis hanya coba untuk berbagi pengalaman saja; hendaklah kita bijak dalam menerima setiap informasi yang tersebar di jagat dunia maya khususnya dan berpikirlah jernih, bersihkan hati kita supaya kita dapat memfilter diri kita sendiri dari dampak negatif yang timbul; yang pada akhirnya tentu akan merugikan diri kita sendiri.

Pergunakanlah kecanggihan teknologi informasi ini; untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti: untuk mencari lowongan pekerjaan, memulai bisnis, atau membangun suatu imaginasi / impian anda yang belum terwujud. Supaya manfaat dari teknologi informasi ini dapat anda rasakan sendiri. Dan bersyukurlah atas apa yang telah anda dapatkan dengan susah payah seberapapun besarnya hal tersebut memberikan suatu perubahan untuk kebaikan anda sendiri dan orang-orang disekitar anda.Semoga Allah yang Maha Berkuasa memberkati kita semua.

Demikianlah sekilas mengenai “Dampak Informasi media bagi masyarakat saat ini” semoga melalui tulisan ini Dapat menambah wawasan pembaca dan lebih mengenal keberagaman teknologi informasi sebagai pendukung dan motivasi dalam berkreasi usaha; penulis hanya berpesan tetap bijak dan dapat mengambil nilai manfaat diatas yang penulis coba sajikan disini. Jangan bosan berkunjung di blog ini.  Salam hangat buat pengunjung blog ini. GBU.