Friday 27 March 2015

Transaksi Pembayaran online via Google



Perkembangan dunia maya saat ini terasa begitu cepatnya dengan berselancar di Internet; tempat yang jauh secara nyata atau perkembangan teknologi muktahir terkini makin terasa dekat hanya dalam hitungan detik kita bisa berkunjung kesitus web yang akan kita tuju atau cari saat ini dari belahan dunia manapun. Salah satu aplikasi search engine / mesin pencari data yang banyak digunakan saat ini adalah Google.  Sedikit flashback mengenai berdirinya Google.
Google dimulai pada Maret 1998 sebagai sebuah proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin, Ph.D. mahasiswa di Universitas Stanford. Dalam mencari tema disertasi, Halaman telah mempertimbangkan-antara lain hal-menjelajahi sifat matematis dari World Wide Web, memahami struktur link sebagai grafik besar. Pengawas Nya, Terry Winograd, mendorongnya untuk memilih ide ini (Page kemudian diingat sebagai "saran terbaik yang pernah saya punya") dan PT difokuskan pada masalah mencari tahu yang menghubungkan halaman web ke halaman tertentu, berdasarkan pertimbangan bahwa jumlah dan sifat backlink tersebut berharga informasi untuk analisis halaman yang (dengan peran
kutipan dalam penerbitan akademik dalam pikiran).
Dalam proyek penelitiannya, dijuluki "BackRub", Page segera bergabung dengan Brin, yang didukung oleh National Science Foundation Graduate Fellowship. Brin sudah menjadi sahabat, pertama kali bertemu Page pada musim panas 1995. Page adalah bagian dari kelompok mahasiswa yang potensial dan berbakat dan Brin mengajak page untuk berkeliling sekitar kampus. Brin dan Page bekerja di Stanford Digital Library Project (SDLP). Tujuannya SDLP adalah "untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk perpustakaan digital tunggal, terpadu dan universal" dan didanai melalui National Science Foundation, di antara badan-badan federal lainnya.
Larry Page mulai menjelajahi web pada Maret 1996, dengan memulai sendiri dihalaman rumah Stanford Page memulai semuanya dari titik awal. Untuk mengkonversi data backlink yang berkumpul untuk suatu halaman web ke dalam ukuran sangat penting. Brin dan Page mengembangkan algoritma PageRank Sementara dan menganalisa BackRub output, untuk URL tertentu, terdiri dari daftar backlink dengan peringkat pentingnya. Keduanya menyadari bahwa mesin pencari berdasarkan PageRank akan menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik (mesin pencari yang ada pada saat itu pada dasarnya merupakan hasil berdasarkan berapa kali pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman).
Sebuah mesin pencari kecil bernama "Rankdex" dari Layanan Informasi IDD (anak perusahaan Dow Jones) yang dirancang oleh Robin Li, sejak tahun 1996, sudah menjelajahi strategi yang sama untuk situs-skor dan peringkat halaman. Teknologi di Rankdex dipatenkan dan digunakan kemudian ketika Li mendirikan Baidu di China. Diyakini bahwa halaman dengan pranala lebih banyak dari halaman web lain yang relevan merupakan halaman paling relevan yang dikaitkan dengan pencarian, Page dan Brin menguji tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka, dan meletakkan dasar untuk mesin pencari mereka.
        Beberapa Statistik Rough (dari 29 Agustus 1996)
        Total diindeks url HTML: 75,2306 Juta
        Kandungan total download: 207,022 gigabyte
       BackRub ditulis di Java dan Python dan berjalan pada beberapa Sun Ultras dan Intel Pentium serta Linux. Database utama disimpan pada Sun Ultra II dengan 28GB disk. Scott Hassan dan Alan Steremberg telah menyediakan banyak ahli berbakat untuk membantu. (Sumber: Wikipedia).
Produk2 Google saat ini antara lain:

Web

Telusuri miliaran laman web
Browser yang dibuat untuk kecepatan, kesederhanaan, dan keamanan
Akses bookmark dan file yang sudah diberi bintang

Seluler

Dapatkan produk Google di ponsel Anda
Lihat peta, lokasi Anda, dan dapatkan petunjuk arah di ponsel Anda
Telusuri Google di mana pun Anda berada

Media

Penelusuran teks lengkap buku
Telusuri gambar di web
Telusuri ribuan berita
Telusuri video di web

Geo

Lihat peta dan petunjuk arah
Jelajahi dunia dari komputer Anda

Penelusuran Terspesialisasi

Temukan blog tentang topik favorit Anda
Buatlah pengalaman penelusuran yang disesuaikan untuk komunitas Anda
Telusuri makalah ilmiah
Jelajahi tren penelusuran di masa lalu dan saat ini

Rumah & Kantor

Email yang dapat ditelusuri, cepat, dengan sedikit spam
Buat, bagikan, dan simpan semua file Anda di satu tempat
Buka, edit, dan buat dokumen
Buka, edit, dan buat spreadsheet
Buka, edit, dan buat presentasi
Buat survei gratis
Buat diagram dan bagan alur
Buat situs web dan wiki grup yang aman
Atur jadwal Anda dan bagikan info acara dengan teman
Terjemahkan teks, laman web, dan file secara instan dalam lebih dari 50 bahasa

Sosial

Berbagi kehidupan nyata, dimatangkan kembali untuk web
Bagikan kisah kehidupan Anda secara online dengan blog - cepat, mudah, dan gratis
Buat milis dan grup diskusi
Percakapan yang hidup. Kapan saja, di mana saja, gratis

Inovasi

Alat pengembang, API, dan sumber daya
         Melihat perkembangan bisnis di dunia maya yang sangat pesat dengan adanya E-bay, Amazon dan E-commerce lainnya, semua tidak lepas dari fasilitas pendukung pembayaran online seperti Paypal, Skrill,dan lain-lain yang berlaku dan diakui secara Internasional. Apakah yang di maksud gateway pembayaran ini?
Gateway pembayaran adalah layanan aplikasi penyedia layanan e-commerce yang mengotorisasi pembayaran kartu kredit untuk e-bisnis, pengecer online, dengan cara meng-Klik.
Ini adalah setara dengan titik fisik penjualan produk yang terletak di sebagian besar gerai ritel. Gateway pembayaran melindungi rincian kartu kredit dengan mengenkripsi informasi sensitif, seperti nomor kartu kredit, untuk memastikan bahwa informasi data yang terjadi aman antara pelanggan dan pedagang dan juga antara pedagang dan prosesor pembayaran.
Sebuah gateway pembayaran memfasilitasi transfer informasi antara portal pembayaran (seperti website, telepon seluler atau layanan respon suara interaktif) dan End Processor depan atau mengakuisisi bank.
Melihat perkembangan ini, sepertinya pihak Google tertarik juga untuk membuat dan menyediakan layanan gateway pembayaran ini. Yang saat ini sedang  dibahas lebih mendalam, apakah bentuk layanan pembayaran ini merupakan penyempurnaan dari layanan pembayaran online yang sudah ada sebelumnya atau dalam bentuk baru ? Bentuk pembayaran sejenis yang terakhir muncul adalah Bitcoin….. yah kita tunggu saja inovasi dari pihak Google ini akan launching pada tahun 2015 ini atau tahun depan.
Semoga bisa menambah wawasan pembaca dalam menyingkapi kemajuan teknologi saat ini.