Wednesday 8 July 2015

Jajanan Kuliner Nusantara

Begitu banyaknya jajanan kuliner yang ada dinegeri kita Indonesia, dari jajanan tempo dulu sampai sekarang diabad modern ini. Mungkin waktu kita kecil kita sering jumpai jajanan kue cubit
atau kue ape, kue pukis, rambut nenek, arum manis, kue apem, gulali dengan bentuk unik, cokelat ayam, cokelat superman, bubur sumsum, coklat koin, siomay, kue pancong, kue-kue basah, dan masih banyak lagi.  

Jajanan Kuliner Nusantara ini banyak dipengaruhi oleh beragam budaya yang ada di Nusantara ini. Seperti daerah Yogyakarta tentunya tidak lepas dari kuliner budaya setempat, makanya Gudeg Jogjakarta menjadi trend setter di daerah tersebut. Begitu pula di Surabaya, Rawon juga menjadi trend setter daerah setempat. Di Palembang tentunya pempek menjadi trend setter makanan kuliner yang tidak akan dilewatkan jika berkunjung ke daerah tersebut. Serta betawi punya jajanan kulinernya kerak telor.
Beberapa jajanan kuliner nusantara yang ada di Jabodetabek; sudah mengalami metamorfosis dikarenakan banyaknya ragam budaya yang tidak hanya dari Nusantara itu sendiri, tapi pengaruh dari luar negeri turut menambah khasanah kuliner Indonesia. Beberapa jajanan khas kuliner Nusantara yang telah bermetamorfosis salah satunya adalah: kue serabi atau surabi, dahulu orang tahu kue serabi/surabi hanya dimakan dengan gula aren bersantan. Tetapi saat ini kita menemukan kue serabi/surabi memakai topping yang diantaranya isi pisang, nangka, sosis, oncom, mesis, keju, dan lain-lain.  Begitu pula kue cubit atau kue ape ini juga ditambahkan topping, layaknya seperti kuliner italia yaitu pizza bisa ditambahkan isi atau toppingnya.
Jajanan Kuliner yang mulai terlihat jarang kita temui adalah kue pisang Ayam, kue yang berbahan dasar tepung beras ini mulai sulit kita temui, mungkin hanya disedikit tempat yang masih menjualnya. Kue ini sama dengan kue pisang pada umumnya, tapi hanya berbeda isinya saja, dengan kue pisang pada umumnya karena didalamnya isi pisangnya diganti dengan rogut ayam, dan bentuknyapun segitiga dibungkus dengan daun pisang.

Selama bulan Ramadhan ini, setiap menjelang berbuka tentunya banyak orang yang menjajakan berbagai sajian kuliner berbuka puasa. Ada minuman penyegar dahaga dan kue-kue basah yang dijajakan serta menu berbuka puasa untuk setiap harinya yang berbeda-beda. Bahkan disudut-sudut keramaian sebuah kota pasti digelar suatu even atau festival jajanan berbuka puasa. Dibulan ramadhan ini kurma adalah salah satu jajanan favorit yang banyak dicari, karena buah kurma ini hanya tersedia jika akan memasuki bulan ramadhan. Dan pastinya banyak yang mencari dan membeli buah ini.

Begitupun saat menjelang Idul Fitri atau hari raya Lebaran, kuliner yang paling ditunggu tentunya Ketupat, Opor Ayam, Sayur Lodeh Pepaya, dan Sambal Goreng Ati Ampelanya atau Rendang Daging. Inilah, sedikit saja gambaran yang bisa penulis coba ceritakan mengenai Jajanan Kuliner Nusantara yang tersebar di Indonesia. Karena masih banyak kuliner dan jajanan di Nusantara ini bahkan ada yang sama dengan negara-negara lain di dunia, yang membedakan hanya nama dari jajanan kuliner tersebut serta cara penyajiannya. Antara lain Bolinhos goreng di Brazil adalah perkedel kalau di Indonesia. Karena di Brazil sendiri juga banyak jajanan kulinernya memakai bahan dasar umbi-umbian.

Seperti Arum Manis atau permen kapas ini diluar negeri juga ada dan di korea permen kapas ini bernama Kkultarae sedangkan di Timur Tengah disebut dengan Arbanat .  Kkultarae adalah manisan berbentuk gulungan benang -benang madu dan gula yang berwarna putih dan berisi kacang-kacangan yang dihaluskan. Agak mirip seperti permen kapas/gulali/arum manis di Indonesia, tapi warnanya hanya putih dan menggunakan tepung pati untuk membuat jadi benang tersebut. Benang-benang putih ini terbuat dari madu dan sirup gula maltosa yang telah mengeras.

Demikianlah sekilas mengenai Jajanan Kuliner Nusantara yang dapat menambah khasanah kuliner Indonesia yang penulis coba sajikan disini, jangan bosan berkunjung di blog ini.

Salam hangat buat pengunjung blog ini, semoga wawasan anda dapat bertambah. GBU.