Sunday 16 August 2015

CNN Indonesia

Seiring perkembangan teknologi dalam dunia media masa elektronik dan pemberitaan di Indonesia, menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-70 telah lahir sebuah perubahan dalam dunia pertelevisian pemberitaan dengan adanya saluran berita berkelas Dunia yaitu CNN Indonesia yang mulai mengudara pada tanggal 16 Agustus 2015 ini. CNN Internasional yang berdomisili di Atlanta-Amerika, sepertinya melebarkan sayapnya di Asia Tenggara dengan hadir di Indonesia.


CNN Indonesia ini dimiliki oleh Trans Media Indonesia. Chairul Tanjung adalah salah satu pengusaha Indonesia yang memiliki sepak terjang di dunia bisnis yang semakin tak terbendung. Setelah mengakuisisi detikcom dan membangun Trans Studio di berbagai kota di Indonesia, pengusaha yang sering disebut dengan sebutan CT yang mengumumkan kelahiran kemitraan strategis antara Turner Broadcasting System dengan Trans Media Indonesia untuk meluncurkan CNN. Kemudian, salah satu saluran berita utama Paman Sam akan menjadi saluran berita 24 jam dan portal berita di Indonesia. Untuk sementara, CNN Indonesia akan berada di saluran hiburan Trans TV dan Trans7.

Ishadi SK sebagai komisaris Trans TV dan Trans7 mengatakan bahwa semua isi siaran akan dipasok oleh Trans Corp CNN hanya menyediakan perangkat lunak dan garis siaran ditayangkan. Chairul Tanjung, sebagai ketua dan pendiri CT Corp yang menaungi Trans Corp yakin bahwa kemitraan ini akan membantu masyarakat Indonesia untuk dapat lebih memahami situasi dunia, dan yang lebih penting, akan membantu dunia untuk lebih memahami Indonesia. Ini adalah kemitraan yang ada antara dua organisasi yang memiliki visi yang sama dan nilai-nilai dalam hal kualitas, integritas dan keterbukaan. Channel CNN Indonesia akan menjadi pilihan baru untuk mendapatkan berita yang terpercaya, menarik, dan berkualitas. Kehadiran CNN Indonesia juga didukung oleh kehadiran portal berita CNNIndonesia.com. Dengan prediksi lebih dari 100 juta orang di Indonesia memiliki akses ke internet pada tahun 2016, kehadiran merek multi-platform menjadi sangat penting dan akan mendukung program-program yang ditayangkan di televisi.

Teknologi yang digunakan oleh CNN Indonesia ini menggunakan teknologi terbaru dalam pemberitaan yang live dan beroperasional selama 24 jam setiap harinya. Memiliki 30 BGAN dan 80 Streambox saat ini untuk dapat menayangkan berita teraktual dan live dengan kualitas gambar HD dangan software iNEWS termutakhir saat ini seperti yang dimiliki CNN Atlanta dan memiliki 3 Studio dengan Plasma berukuran besar untuk saat ini.

Diharapkan dengan adanya saluran pemberitaan CNN Indonesia ini dapat memberikan suatu perubahan yang lebih baik didalam pemberitaan secara profesional, aktual, berimbang, mendidik, up to dated, obyektif, dan tidak menimbulkan kontroversi seperti media masa sebelumnya yang selalu ditunggangi oleh politik yang tidak sehat sehingga menimbulkan pro-kontra dimasyarakat dan pembodohan.

Ucapan dari para tokoh dunia nasional / internasional dan pejabat Negara atas berdirinya CNN Indonesia ini sudah pasti menjadi testimony yang menghiasi layar kaca CNN Indonesia, serta harapan-harapan mereka terhadap CNN Indonesia yang mempunyai motto : “News We Can Trust” . Tentunya harapan yang besar sangatlah baik untuk mendukung kemajuan bangsa dan Negara dengan memberikan informasi yang benar dan obyektif. Dan sangat diharapkan para presenter dan reporter di CNN ini dapat lebih memaknai sebuah berita dan informasi dengan fakta kebenaran daripada berita-berita rekayasa yang hanya mencari kontroversi sesaat hanya untuk menaikkan rating.

Demikianlah sekilas mengenai “CNN Indonesia” saluran portal berita yang saat ini mulai mengudara semoga melalui tulisan ini dapat menambah wawasan pembaca dan lebih memahami manfaat dari berita dan informasi didalam kehidupan kita sehari-hari; penulis hanya berpesan tetap bijak dan dapat mengambil nilai manfaat diatas yang penulis coba sajikan disini. Jangan bosan berkunjung di blog ini.  Salam hangat buat pengunjung blog ini. GBU.