Saturday 8 August 2015

Keunikan dan Manfaat Telur

Telur sebuah benda yang sangat unik bentuknya dan dihasilkan oleh hewan unggas dan reftil, dan banyak memiliki manfaat dan kandungan protein yang tinggi dan omega 3. Telur mudah didapat dimanapun kita berada dari desa sampai kota besar pasti dapat kita temui telur tersebut. Banyak jenis dan macam telur yang ada, tapi telur yang dihasilkan dari hewan unggas ini hanya 3 jenis saja yang banyak digunakan oleh manusia dalam pemanfaatannya untuk konsumsi; yaitu: telur ayam, telur bebek, dan telur puyuh. Sedangkan pengolahan pemanfaatan dari telur itu sendiri untuk konsumsi dapat bermacam-macam.


Pemanfaatan telur dibidang kuliner tentunya paling banyak digunakan diantaranya: untuk bahan dasar pembuatan kue dari kue jenis murah atau jajanan pasar sampai yang berkelas, dari kue basah juga kue kering. Pemanfataan dalam bidang makanan ringan, makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Dan berbagai jenis minuman dan jamu juga memanfaatkan telur sebagai sajian yang unik. Untuk pengolahan telur yang dapat bertahan lama dapat dibuat telur asin dan telur pitan.

Komposisi telur terdiri dari Putih telur (albumen) 57% dan Kuning telur (Yolk) 32% serta Cangkang telur 11% yang mengandung Kalsium Karbonat. Kandungan Nutrisi dari telur adalah: Protein 12,58%, Lemak 9,94%, Karbohidrat 0,77% , Air 75,84% dan Abu 0,86%. Untuk menentukan bentuk telur, sebelumnya harus diketahui bentuk telur yang ideal. Hal ini dapat dibantu dengan penentuan indeks bentuk telur (ayam) yang normal adalah 74.

Keunikan telur itu sendiri terlihat dari bentuknya yang oval atau bulat dan ternyata mempunyai kekuatan yang mengagumkan diantara kedua kutubnya yang berbentuk oval atau lonjong tersebut. Terbukti apabila kita memegang kedua ujung atau kedua kutub dari telur tersebut dan menekannya dengan sekuat tenaga apapun, maka yang terjadi telur itu tidak pecah. Beda jika kita menekan bagian tengahnya, maka telur tersebut akan lebih mudah bagi kita memecahkannya.

Keunikan dari telur yang berbentuk Oval atau elips inilah yang banyak dipakai sebagai ide-ide atau inspirasi dan inovasi dalam bidang lainnya, seperti dalam bidang arsitektur  dimanfaatkan dalam pembuatan sebuah jembatan dan seni arsitektur lainnya, dalam bidang transportasi dimanfaatkan dalam bentuk kepala atau moncongnya sebuah mobil dan kereta api tercepat (Shikansen) serta kepala atau moncong sebuah pesawat terbang. Dalam bidang militer dan teknologi tentunya dimanfaatkan untuk bentuk dari peluru, rudal / misil, nuklir, roket, pesawat ulang alik serta kapal selam. Karena bentuk elips ini dapat menekan hambatan udara dan membuat lebih aero dinamis. Dalam bidang seni dan dekoratif cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk benda seni lukis dan jenis hiasan rumah. Dalam bidang kecantikan atau kosmetika, telur dimanfaatkan untuk treatment rambut dan masker wajah dengan cara menambahkan jeruk lemon dan minyak zaitun. Untuk Kesehatan atau obat demam buat anak kecil; telur dapat direbus sampai matang, setelah cukup hangat dapat digosok-gosokkan di pelipis kiri dan kanan serta bagian punggung yang merupakan jalur meridian.

Kita harus teliti dalam memilih telur sebelum dikonsumsi karena ada kemungkinan telur yang dijual telah rusak atau mengalami penurunan kualitas, hal ini bisa disebabkan akibat terlalu lamanya penyimpanan atau proses angkut. Untuk mengetahui lebih lanjut kualitas atau mutu telur atau kesegaran telur, dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Meneropong telur
Dapat menggunakan sinar matahari atau lampu pijar. Untuk  meneropong telur, maka bagian ujung telur yang lebih besar ditempelkan pada lampu, karena rongga udara telur terletak pada bagian tersebut. Pada saat meneropong telur akan terlihat bagian dari: rongga udara telur, putih telur dan kuning telurnya.

Telur yang masih segar/ baru akan terlihat :
•    rongga udara (ada di ujung telur) kecil, semakin kecil semakin bagus.
•    kulit telur mulus, pori-pori kerabang kecil.
•    tidak ada noda di dalam isi telur.
•    kuning telur di tengah, tidak bebas bergerak.

Makin dalam rongga udara yang terbentuk, menunjukkan bahwa umur telur makin lama. Hal ini dikarenakan adanya proses penguapan, sehingga makin lama umur telur maka penguapan makin banyak sehingga rongga udara makin dalam / makin bertambah.

2. Merendam telur dalam air
Cara lain untuk mengetahui kesegaran atau kualitas telur adalah dengan merendam telur itu, yaitu:
•    Sediakan gelas transparan dengan dasar gelas bergaris tengah agak lebar. Isilah gelas dengan air secukupnya.
•    Masukkan telur ke dalamnya, amati posisi telur setelah sampai di dasar.
•    Bila posisi telur terbaring sempurna di dasar gelas (tenggelam), maka menunjukkan bahwa usia telur masih sangat baru.
•    Bila sebagian telur berdiri (melayang), menunjukkan telur sudah agak lama (diperkirakan umur satu minggu.
•    Bila telur berdiri tegak (mengapung), menunjukkan umur telur sudah lama (antara 2 - 3 minggu).
3. Memecahkan telur
Usia telur juga bisa dilihat bila kita memecahkan telur di atas piring, kemudian amati:
•    Telur yang masih baru, bila dipecahkan, bagian putihnya terlihat masih kental.
•    Telur dengan usia satu minggu, bagian putihnya lebih melebar.
•    Telur berusia 2 - 3 minggu bagian putihnya jauh lebih luas lagi, karena makin tua usia telur makin encer.


Demikianlah sekilas mengenai “Keunikan dan Manfaat Telur” semoga melalui tulisan ini dapat menambah wawasan pembaca dan lebih memahami manfaat dari telur dalam kehidupan kita sehari-hari; penulis hanya berpesan tetap bijak dan dapat mengambil nilai manfaat diatas yang penulis coba sajikan disini. Jangan bosan berkunjung di blog ini.  Salam hangat buat pengunjung blog ini. GBU.