Wednesday 5 August 2015

Harapan munculnya Aplikasi Google untuk Nelayan

Kecanggihan teknologi internet via handphone atau smartphone sangatlah ditunggu bagi banyak orang untuk memudahkan mereka beraktivitas melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia di handphone atau smartphone. Untuk para Nelayan yang aktivitas kesehariannya mencari ikan dilaut tentulah teknologi GPS yang ada sangatlah mahal.
Hanya nelayan-nelayan yang mempunyai modal besar saja yang saat ini dapat menikmati teknologi GPS dengan kecanggihan fitur –fitur yang sangat mendukung mereka dalam mencari ikan dilaut lepas yang sangat luas tersebut.

Teknologi GPS dalam mencari ikan dilaut ini memanfaatkan system satelit yang ada, sehingga mereka dapat memetakan keberadaan ikan-ikan yang sedang berkumpul disuatu area dengan kedalaman tertentu disuatu wilayah perairan.  Tentunya bagi nelayan-nelayan tradisional harga sebuah alat tersebut sangatlah mustahil didapat, mereka hanya mampu membeli handphone atau smartphone saja. Sedangkan biaya mereka pada saat melaut saja sudah demikian besarnya dari pembelian bahan bakar solar untuk perahu-perahu mereka sampai pada persiapan lainnya yang mendukung untuk menangkap ikan dilaut lepas. Mereka hanya mengandalkan insting mereka dan cuaca yang baik dengan harapan mendapatkan tangkapan ikan yang banyak supaya dapat membiayai hidup dan kebutuhan lainnya.
Harapan berhasil menangkap ikan dengan jumlah yang banyak kadang pupus ditengah jalan apabila, saat mereka berangkat melaut tiba-tiba cuaca yang baik berubah menjadi buruk. Dan mereka terpaksa harus kembali kedarat daripada mendapat musibah atau kerugian yang lebih besar. Beda dengan nelayan-nelayan yang memang sudah diperlengkapi dengan kecanggihan teknologi, mereka lebih siap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Mereka tidak hanya menggunakan teknologi GPS biasa tapi dengan teknologi sonar dan peralatan yang lebih mumpuni. Seperti nelayan-nelayan di Taiwan, mereka dibekali dengan teknologi yang sangat canggih dan modern disetiap kapal mereka yang melaut. Sehingga mereka sekali berlayar saja mampu menangkap 1000 ton ikan jenis Tuna hanya dalam waktu 25 hari sampai dengan 28 hari berlayar dengan spesifikasi yang diminta pasar dari jenis ukuran bobot dan kualitas ikannya, karena didalam kapal tersebut mereka langsung melakukan sortir dan klasifikasi.

Begitupun dengan nelayan penangkap ikan Lemadang atau ikan Mahi-mahi di Taiwan; mampu menangkap ikan jenis ini dengan hanya melempar  kailnya sekali melaut dan berhasil membawa hasil 1300 ton ikan Lemadang / mahi-mahi tersebut. Semua nelayan di Taiwan ini telah melengkapi kapal-kapalnya dengan teknologi GPS dan sonar yang sangat mendukung mereka untuk berburu ikan dilaut serta system penyimpanan / storage yang mendukung, sehingga kualitas ikan dapat tetap terjaga kualitasnya saat mereka kembali ke darat dan langsung dilakukan pelelangan.

Tapi untuk nelayan kecil dan masih tradisional, tentulah sulit mengimbangi mereka. Mereka harus benar-benar berjuang dengan kemampuan seadanya. Dan mereka hanya mengandalkan insting dan kebiasaan ikan-ikan berkumpul disuatu tempat pada musim-musim tertentu. Tentunya nelayan tradisional ini sangat berharap mendapatkan suatu aplikasi Gadget yang murah dari sebuah handphone atau smartphone yang mereka miliki, untuk dapat membantu mencari ikan di laut seperti teknologi GPS dan Sonar yang dapat mendeteksi keberadaan ikan di suatu wilayah perairan laut / danau yang luas dan juga bobot dari ikan tersebut juga dapat dideteksi serta jenis ikannya.

Bagi perusahaan sekelas Google tentulah mudah membuat suatu aplikasi yang dapat membantu memudahkan nelayan-nelayan kecil dan tradisional dalam membuat aplikasi tersebut selain permodalan yang mumpuni, tentunya juga didukung teknologi satelit dan drone yang dimiliki pihak perusahaan Google. Tentunya teknologi ini dapat di adaptasi bagi pengguna handphone dan smartphone. Karena teknologi maps dari Google sudah banyak digunakan oleh para pengguna handphone dan smartphone saat ini untuk memudahkan masyarakat dalam mencari alamat atau jalan disuatu kota atau Negara.
Semoga harapan dan ide buat membantu para nelayan-nelayan kecil dan tradisional ini dapat memberikan suatu ide inspirasi kepada pihak perusahaan Google dalam mengembangkan teknologi yang saat ini dibutuhkan. Opinibebasrempong percaya bahwa perusahaan Google dapat memberikan suatu inovasi produk yang mendukung untuk masyarakat dunia, dan memudahkan mereka dalam segala aktivitas baik hiburan, pendidikan, peluang bisnis, dan lain sebagainya.


Demikianlah sekilas mengenai “Harapan munculnya Aplikasi Google untuk Nelayan” semoga melalui tulisan ini pihak Google dapat  terinspirasi untuk memajukan para Nelayan Kecil dan Tradisional. Dan buat pembaca dapat menambah wawasan pembaca dan lebih mengenal keberagaman teknologi sebagai pendukung dan motivasi dalam berkreasi usaha; penulis hanya berpesan tetap bijak dan dapat mengambil nilai manfaat diatas yang penulis coba sajikan disini. Jangan bosan berkunjung di blog ini.  Salam hangat buat pengunjung blog ini. GBU.