Thursday 12 March 2015

Info yang jarang diketahui



Dengan berkembangnya teknologi dibidang komunikasi khususnya handphone / smartphone banyak sekali kecanggihan fitur2 yang ditampilkan, tapi belum semua orang  mengetahui kode2 unik dari angka2 tersebut atau fungsi dari keypad yang ada disebuah handphone / smartphone  serta PIN ATM anda yang fungsinya tidak kalah pentingnya. Disini penulis mencoba berbagi kepada para pembaca sekedar menambah wawasan apabila dalam situasi dan kondisi yang urgensi:
  • Nomor darurat untuk telpon genggam adalah 112. Jika anda sedang di daerah yg tidak menerima sinyal HP dan perlu memanggil pertolongan, silakan tekan 112 di HP akan mencari otomatis network / jaringan apapun yg ada untuk menyambungkan nomor darurat bagi anda. Dan yang menarik nomor 112 dapat ditekan biarpun keypad dalam kondisi di kunci / lock.
  • Kunci mobil anda ketinggalan didalam mobil anda; dalam keadaan mobil terkunci dan anda menggunakan kunci remote? Tidak perlu panik, yang penting anda harus punya kunci cadangan dirumah. Caranya segera hubungi orang rumah anda melalui handphone dan meminta orang dirumah anda untuk menekan kunci remote pembuka di arahkan ke HP yang sedang digunakannya untuk berkomunikasi dgn anda, sedangkan HP anda diarahkan ke mobil anda dengan jarak kurang lebih 30cm dari mobil anda. Semoga tips ini dapat membantu anda jika sedang mengalami hal demikian.   
  • Tips untuk mengecek keabsahan atau legalitas mobil / motor anda, cukup ketik: contoh JATIM L8630NS (Nomor plat mobil / motor anda) dan kirim ke 1717, nanti akan dapat balasan dari kepolisian mengenai data2 kendaraan anda. Tips ini juga berguna untuk mengetahui data2  mobil / motor bekas yang hendak anda akan beli.
  • Jika anda sedang terancam jiwanya karena dirampok / ditodong seseorang untuk mengeluarkan uang dari mesin ATM,  maka anda bisa meminta pertolongan dengan secara diam2  dengan memberikan nomor PIN secara terbalik; misalnya PIN asli anda 1234 maka anda menginput 4321 di mesin ATM, maka mesin akan mengeluarkan uang anda, juga tanda bahaya ke kantor Polisi tanpa diketahui penodong tersebut. Fasilitas ini tersedia di semua jaringan ATM, tapi hanya sedikit orang yang mengetahuinya.
  • Lupa dengan nomor  Handphone anda sendiri?  Tidak perlu missed call orang lain, untuk dapat mengetahui nomor sendiri. Caranya adalah sebagai berikut ini:
          Provider Axis : *2#
          Provider XL : *123*7*2*1*1#
          Provider Smartfren : *995#
          Provider Telkomsel : *808#
          Provider 3(Three) : *998#
          Provider Indosat : *123*30#
Tarif berlaku menurut masing2 provider dan tidak mahal, hanya dibawah 100 rupiah.  
  •  Untuk mengetahui / mengecek imei sebuah handphone atau smartphone cukup ketik dikeypad fungsi telpon anda sepeti ini : *#06#, maka akan muncul nomor imei handphone / smartphone anda.
Semoga sedikit tulisan diatas dapat bermanfaat buat para pembaca dan menambah wawasan. 
Salam sejahtera buat para pembaca.