Monday 6 April 2015

Fenomena Batu Mulia dan Batu Akik



Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.    

Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan, jenis kecubung dan jenis cempaka, di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau
kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya. (Sumber: Wikipedia)
Ada  beberapa batu mulia atau akik yang memiliki nilai yang sangat fantastis, sehingga banyak diburu oleh para kolektor dan penghobi batu. Tapi fenomena yang timbul beberapa bulan terakhir ini di Indonesia merupakan berkah buat masyarakat penghobi batu mulia atau akik ini, karena harganya bisa naik dan menjadi trend dimasyarakat Indonesia. Hampir disetiap kota pasti kita menjumpai penjual batu akik di pinggir jalan dengan banyaknya orang yang berkumpul mengerubunginya, bahkan masih berupa batu alam atau bongkahan besar batu yang didisplay untuk menarik orang yang lalu lalang dan peralatan untuk memolesnya menjadi batu cincin juga terpajang.
Ada beberapa jenis batu yang banyak diburu oleh penghobi batu mulia atau batu akik ini; diantaranya : 
Batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung. (sumber: Wikipedia)
Intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.
Intan terutama ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan intan yang signifikan juga telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia. Sekitar 130 juta "carat" (26.000 kg) intan ditambang setiap tahun, yang berjumlah kira-kira 9 miliar dollar Amerika Serikat. Selain itu, hampir empat kali berat intan dibuat di dalam makmal sebagai intan sintetik (synthetic diamond).
Intan terutama ditambang dari pipa-pipa vulkanis, tempat kandungan intan yang berasal dari bahan-bahan yang dikeluarkan dari dalam Bumi karena tekanan dan temperaturnya sesuai untuk pembentukan intan. di Indonesia intan telah lama ditambang di kawasan Martapura, Kalimantan Selatan.
Intan terdapat dari dalam perut bumi yang digali baik secara manual maupun dengan mekanisasi. Sekarang kebanyakan para penambang intan sudah menggunakan mekanisasi, yaitu dengan mesin penyedot untuk menyedot tanah yang sudah digali.
Tanah yang disedot bersama air, dipilah melalui tapisan. Dengan keterampilannya, si penambang bisa membedakan batu biasa, pasir, atau intan. Intan yang baru didapat ini disebut "galuh" di daerah Martapura. Galuh ini masih merupakan intan mentah. Untuk menjadikannya siap pakai, intan harus digosok terlebih dahulu. Penggosokan intan yang ada di masyarakat sebagian besar masih dengan alat tradisional. (Sumber: Wikipedia) 
Batu delima adalah sejenis mineral silikat. Terdapat sejumlah jenis batu delima yang berbeda, tergantung pada logam yang dikandungnya. Kristal batu delima yang ditemukan seringkali berukuran besar dan terlihat cantik. Warna batu delima paling umum merah atau ungu, namun bisa juga ditemukan dalam berbagai warna dan sering digunakan sebagai perhiasan. Di Amerika Serikat, batu delima adalah batu zodiak bagi orang-orang yang lahir di bulan Januari. Kehadiran batu ini di suatu daerah menunjukan disekitar tempat tersebut terdapat intan.
Rubi Cristal
Merah Delima
Mirah Delima, Merah Delima, atau Batu Rubi adalah batu permata berwarna merah yang dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida). Warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Namanya berasal dari buah delima yang isinya berwarna merah. Rubi alami sangat jarang, tetapi rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan.
Harga batu rubi terutama ditentukan oleh warna. Warna merah paling berkilau dan paling bernilai dapat berharga sangat tinggi melampaui rubi lain dengan mutu yang sama. Setelah warna, berikutnya adalah kejernihan: batu yang jernih menandakan harga tinggi. (Sumber: Wikipedia)
Chalcedony /kælˈsɛdəni/ adalah bentuk kriptokristalin dari silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk. Kuarsa dan moganit merupakan mineral silika, namun kuarsa memiliki struktur trigonal sedangkan moganit bersifat monoklinik. Struktur kimia dari chalcedony adalah SiO2.
Nama chalcedony berasal dari bahasa Latin chalcedonius (atau calchedonius). Istilah ini pertama kali ada pada karya Pliny the Elder, Naturalis Historia untuk menyebut batuan Jaspis yang transparan. Istilah ini kemungkinan terinspirasi dari nama kota Chalcedon di Asia Kecil. Namun istilah khalkedon (χαλκηδών) juga muncul dalam Book of Revelation. (Sumber: Wikipedia) 

Giok atau jade adalah sejenis batu "permata hijau" adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.
Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan. Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk. Dalam sejarahnya, batu giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk patung Buddha, patung naga dan patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau. Di Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akik belakangan ini, sehingga membuat harga batu giok makin mahal. (Sumber: Wikipedia) 
Kuarsa adalah salah satu mineral yang umum ditemukan di kerak kontinen bumi. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2), dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³. Bentuk umum kuarsa adalah prisma segienam yang memiliki ujung piramida segienam. (Sumber: Wikipedia) 

Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkang-nya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris. Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata "mutiara" telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.
Mutiara sangat mahal harganya kalau di jual dan dijadikan perhiasan sangat bagus untuk dunia fashion. Mutiara berharga terdapat di alam liar, tapi dalam kuantitas yang sangat jarang. Mutiara budidaya atau mutiara yang berasal dari tiram merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran. Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar. Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi, tapi kualitasnya biasanya jelek. Secara umum, mutiara imitasi dapat dengan mudah dibedakan dari mutiara asli. Mutiara banyak dibudidaya untuk digunakan sebagai perhiasan. Namun pada masa lalu, mutiara juga digunakan sebagai hiasan pada pakaian-pakaian mewah. Mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan dalam kosmetik, obat-obatan, atau dalam formula cat.
Mutiara yang dianggap berkualitas hampir selalu berwarna-warni dan menyerupai mother of pearl, seperti interior kulit yang memproduksi mereka. Namun, hampir semua jenis moluska bercangkang mampu menghasilkan mutiara yang sedikit kurang bersinar atau berbentuk kurang bulat seperti bola. Meskipun mereka mungkin juga sah disebut sebagai "mutiara" oleh laboratorium gemologi dan juga di bawah aturan US Federal Trade Commission dan terbentuk dengan cara yang sama, kebanyakan dari mereka tidak bernilai, kecuali sebagai barang antik.
Hampir semua moluska bercangkang bisa menghasilkan beberapa jenis mutiara, melalui proses alami, ketika suatu obyek mikroskopis terperangkap di dalam mantel lipatan moluska, tetapi sebagian besar dari mutiara tidak dihargai sebagai batu permata.
Sebuah mutiara alami terbentuk tanpa intervensi manusia sama sekali, di alam liar, dan sangat jarang terjadi. Kira-kira ratusan kerang mutiara harus dikumpulkan dan dibuka, dan dengan demikian dibunuh, hanya untuk menemukan satu mutiara liar, dan selama berabad-abad itulah satu-satunya cara untuk memperoleh mutiara. Ini adalah alasan utama mengapa mutiara termasuk sangat berharga pada masa lalu. Mutiara budidaya, di sisi lain, merupakan salah jenis mutiara yang dibentuk dengan melibatkan manusia, di sebuah peternakan mutiara. (Sumber: Wikipedia) 

Pirus merupakan mineral tidak tembus cahaya berwarna toska yang dianggap sebagai batuan berharga karena warnanya yang unik. Istilah pirus berasal dari kata bahasa arab Fairuz (فيروز). (Sumber: Wikipedia)




     
Safir (Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi. (Sumber: Wikipedia)
Zamrud (Be3Al2SiO6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil. (Sumber: Wikipedia)  
Opal adalah bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa (bentuk mineraloid-nya, bukan mineral). 3% hingga 21% dari berat keseluruhannya berupa air, namun biasanya isinya antara 6% hingga 10%. Opal terbentuk pada suhu yang relatif rendah dan ada di retakan setiap jenis batuan, umumnya ditemukan bersama limonit, batu pasir, riolit, marl dan basal. 97% opal berasal dari Australiadan merupakan batu permata    nasionalnya.  
Struktur dalam opal membuatnya mampu menyebarkan cahaya; tergantung kondisi tempat batu ini terbentuk yang membuatnya dapat memunculkan berbagai warna. Warna opal bervariasi mulai dari jernih sampai putih, abu-abu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, slat, zaitun, cokelat, dan hitam. Dari warna-warna tersebut, merah dan hitam adalah yang paling langka, sementara putih dan hijau sangat umum. Opal juga bervariasi dalam kepadatan optiknya mulai dari opak hingga semi-transparan. Untuk dipakai pada batu permata, warna alaminya sering digunakan dengan meletakkan lapisan opal tipis pada batu gelap seperti basal. Opal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut. (Sumber: Wikipedia) 
batu tapak jalak atau batu dengan motif unik. Batu ini memiliki ciri garis melintang berbentuk tanda plus (+) pada bagian atas batu sehingga terkesan sangat unik dan menarik untuk dijadikan perhiasan.
Nama pada batu ini ‘Tapak Jalak’ bukan terletak pada karakter dan kristal batu melainkan lebih pada mutif atau gambar sebagai ciri khasnya. Warna bisa bervariasi ada yang merah kuning, coklat, putih, hijau atau warna lain yang memiliki garis lurus dan melintang seperti tanda tambah (+) sebagai ciri untuk bisa disebut batu cincin tapak jalak.

Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.
Batu Bacan ini merupakan trend fenomena yang terjadi di Indonesia, sehingga harga batu akik di Indonesia menanjak naik dan menjadi mahal serta banyaknya penghobi batu akik mulai berburu batu. Trend batu Bacan terjadi karena kepala Negara RI waktu itu menjadikan batu Bacan menjadi souvenir untuk kepala Negara Adidaya.

Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.
Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya mengandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

Batu Sungai Dareh Batu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka.
Harga batu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Batu Lavender
Dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, Jenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor.
Harga batu lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu batu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.
Selain batu yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak batu cincin terkenal dan termahal  jenis lain yang saat ini tengah populer di Indonesia termasuk batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh, batu obi, labrador atau jenis lain.

Batu Akik Ohen Bungbulang Garut hijau merupakan jenis batu mulia asli Kapupaten Garut Jawa Barat. Batu yang banyak ditemukan di Kecamatan Bungbulang, Garut, Jawa Barat ini pertama kali ditemukan oleh seorang bernama Mang Ohen atau aki Ohen sehingga batu ini dikenal dengan nama penemunya yaitu ‘Ohen’ atau disebut juga batu Bungbulang.
Kabupaten garut sudah dikenal masyarakat terutama di kalangan pencinta batu akik, sebagai salah satu daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan batu berkualitas seperti batu akik edong pancawarna, hijau garut (ohen) atau batu jenis lain yang selama ini menjadi buruan para kolektor.
Sejak batu ini mengemuka dalam beberapa tahun terakhir, batu dengan warna khas hijau kristal ini sering menjadi perbincangan dikalangan kolektor dan banyak diburu sehingga harganya menjadi sangat mahal, bahkan untuk seukuran batu cincin saja batu bungbulang bisa dihargai ratusan juta rupiah.
Namun batu ini sudah mulai langka dan sulit ditemukan dipasaran terlebih untuk jenis batu berkualitas super. Kalaupun batu ini masih bisa ditemukan di pasaran sudah dapat dipastikan harganya akan sangat mahal, terlebih jika sudah berada ditangan kolektor, tentu untuk bisa memilikinya harus merogoh kocek yang cukup dalam. Sejarah Penemuan Batu Ohen. Batu ohen terkenal hingga mancanegara bahkan di pasaran internasional batu ini sangat diminati dan pernah terjual seharga 2.5 milyar rupiah di Korea. Salah seorang kelektor asal Indonesia pernah memeriksakan batu ohen di Inggris dan dinyatakan bahwa batu tersebut masuk kategori batu mulia dengan tingkat kekerasan tinggi. Batu ohen pertama kali ditemukan sekitar tahun 1970-an oleh seorang petani bernama Ohen ketika sedang menggarap sawahnya. Tanpa sengaja ia menemukan batu berwarna hijau seukuran buah kelapa lalu membawanya pulang dan meletakkannya dibawah kolong tempat tidurnya setelah sebelumnya batu berwarna kehijauan itu dicuci bersih.
Beberapa minggu kemudian datang seseorang dari Bogor tertarik untuk membeli batu tersebut dan tidak disangka ternyata orang itu berani membeli seharga Rp. 1.5 juta (Satu Setengah Juta Rupiah) atau setara denga ratusan juta rupiah untuk saat ini. Dengan tawaran yang fantastik itu, tanpa banyak pikir Mang ohen akhirnya menjual batu tersebut. Merasa mendapatkan banyak rezeki dari batu temuannya, akhirnya pria kelahiran Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut itu banting haluan dari petani menjadi pencari batu dan diikuti ratusan warga Cipeundeuy lainnya. Sejak saat itu mang ohen menekuni profesi barunya sebagai pencari batu akik pertama di Garut, namun sayang nasibnya tidak seindah kemilau batu temuannya dan ia pun masih hidup pas-pasan hingga akhir hidupnya.
Namun demikian, nama mang ohen masih terus melekat bersama kemilau batu dengan ciri khas hijau itu, bahkan batu ohen masuk jajaran batu termahal di Indonesia saat ini selain batu bacan, kalimaya dan jenis batu tersohor lainnya.(Sumber: akiks.com)

Batu Akik Edong adalah jenis batu akik asli garut yang semakin populer di kalangan kolektor, tidak hanya kolektor dalam negeri tapi juga dari luar negeri, bahkan jenis batu aki edong sudah menembus pasaran luar negeri karena kualitas batu konon setara dengan batu mulia yang selama sudah terkenal di pasaran dunia gemstone seperti safir, zamrud, ruby dan lain-lain. Batu akik edong pertama kali ditemukan sekitar tahun 1994 oleh Abah Edong (80 tahun) dimana saat itu tidak banyak orang menyukai batu kecuali orang-orang tua itupun masih sangat sedikit dibandingkan dalam beberapa tahun belakangan ini, hampir semua kalangan menyukai batu akik. Mbah Edong, selaku penemu batu akik edong tidak pernah menyangka jika batu temuannya 10 tahun lalu itu, akan menjadi batu yang sangat berharga dan menjadi buruan banyak orang dengan harga selangit. Bahkan batu edong panca warna seukuran mata cincin bisa berharga jutaan rupiah, padahal pada waktu itu jenis batu ini hanya dihargai 4 juta per kuintal. Belakangan ini batu edong sering menjadi incaran para penghobi batu akik, sehingga membuat batu ini semakin langka. Kalaupun batu itu bisa ditemukan dipasaran tentu harganya sangat mahal. Bahkan untuk mendapatkan bahan mentahnya saja (bongkahan batu) sudah sangat sulit.
Menurut cerita yang berkembang untuk bisa menemukan bahan batu akik edong itu tidak mudah, para penambang harus menyusuri bebukitan dan hutan lebat, bahkan ada sebagian dari mereka yang melakukan ritual khusus dan menyediakan sesaji ditempat penggalian agar usahanya bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil sesuai keinginan.(Sumber: akiks.com) 
Batu Sisik Naga atau Septarian Nodules merupakan batuan alam yang sangat unik dan menarik. Penamaan batu ini berasal dari bahasa latin Septem yang berarti tujuh dan merupakan gambaran bola-bola atau bulatan oval pada retakan lumpur yang cendrung pada tujuh poin di setiap arah kemudian membentuk pola nodul yang unik. Jenis batu sisik naga sendiri banyak ditemukan beberapa negara seperti di meksiko dan negara lain di dunia. Di Meksiko batu ini diperkiraan terbentuk sejak 100 juta tahun yang lalu akibat letusan gunung merapi sehingga menyebabkan kehidupan laut musnah, lautan menjadi surut dan membeku kemudian membentuk batuan endapan atau batuan sedimen dengan desain yang unik. Di Indonesia batu Septarian Nodules pertama kali ditemukan di wilayah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan pada 2014 lalu. Penemunya seorang warga Bone bernama Imran yang iseng pergi ke sungai dan bermaksud mencari batu. Tanpa sengaja ia menemukan batu dengan motif unik yang tak lain batu jenis Septarian Nodules dan kemudian batu itu dikenal dengan nama batu sisik naga. Sejak saat itu, batu sisik naga makin terkenal dan banyak diburu kolektor karena motifnya yang unik dan menarik. Bahkan baru-baru ini ditemukan motif baru bernama motif kura-kura karena coraknya yang menyerupai kulit kura-kura dengan urat emas atau tembaga. Harga batu sisik naga motif kura2 ini lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Selain motif yang beragam batu sisik naga juga memiliki corak dan warna yang juga beragam mulai dari warna merah, hitam, coklat, putih, perak, hijau sampai warna emas atau warna yang paling disukai walaupun hargaanya lebih mahal.
Khasiat Batu Sisik Naga
Batu Septarian Nodule dipercaya sebagai batu penyembuhan serta memiliki manfaat untuk kesehatan dan kesajahteraan, Berikut ini khasiat batu sisik naga :
  • Mengandung energi menenangkan
  • Menimbulkan perasaan senang dan gembiru
  • Menimbulkan semangat spiritual
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Meningkatkan daya ingat
Berbicara khasiat batu akik , tentu tergantung pada masing-masing orang, percaya atau tidak, namun yang jelas sebagian besar pengguna dan pencinta batu akik tidak mempercayai adanya khasiat yang terdapat pada batu yang mereka kenakan. Kalaupun batu itu dianggap mampu memberikan ketenangan pada pemakainya semua itu tak lepas dari efek rasa puas setelah melihat keindahan batu kesayangannya. Mungkin begitu juga dengan batu sisik naga ini , tapi yang pasti batu ini memang indah. (Sumber: akiks.com)
Batu Badar Besi adalah jenis akik asli dari alam yang memiliki usnsur besi (fe) sehingga batu ini bisa menempel pada magnet. Di dunia internasional Badar Besi dikenal dengan batu Hematite dengan formula
kimia Fe 2 O 3. Batu ini memiliki kekerasan 5-6 pada skla mohs dan secara umum berwarna abu-abu agak kehitaman, coklat sampai kemerahan, merah,abu-abu silver dan lain-lain. Batu badar besi banyak ditemukan di banyak negara di dunia seperti di Brazil, Mexiko, Australia, amerika termasuk juga di Indonesia. Hematite pada umumnya ditemukan di wilayah pegunungan terutama gunung yang pernah mengalami banjir lahar lalu mengendap selama ratusan tahun. Keunikan jenis batu ini kemampuannya melekat pada magnet karena adanya unsur besi yang ada di dalamnya sehingga batu ini juga dikenal dengan sebutan Magnetsteen atau batu yang mengandung unsur besi yang cukup dominan sehingga apabila didekatkan dengan magnet bisanya akan tertarik dan menempel. Selain banyak ditemukan di bumi batu Hematite juga banyak ditemukan di planet mars hanya saja ada perbedaan antara badar besi di bumi dan di mars, di bumi batu ini banyak ditemukan terpendam dibawah lapisan tanah sedangkan di planet mars ditemukan menggunung (dalam bentuk gunung) dan berada dipermukaan tanah.
Khasiat Batu Badar Besi
Selama ini batu badar besi banyak dijadikan sebagai mata cincin. Pada umumnya banyak dikenakan oleh kaum pria dibandingkan wanita, batu ini dianggap simbol keperkasaan selain itu batu ini juga dianggap tidak menarik jika dikenalan seorang wanita karena warnanya yang hitam. Namun belakangan ini, saat batu akik mulai digandrungi semua kalangan baik pria atau wanita, tampilan warna pada sebuah batu permata (akik) tidak begitu dipermasalahkan bahkan batu akik warna hitam bisa dikatakan cukup tren dan banyak dijadikan sebagai perhiasan bagi wanita seperti dijadikan mata cincin atau liontin. Adapun khasiat batu Hematite (badar besi) ini diantaranya :
  • Dijadikan sebagai azimat untuk keberuntungan
  • Sebagai sarana penjagaan diri
  • Memancarkan aura sehingga bisa memperoleh keberuntungan
  • Untuk menambah ketengan dan ketentraman
Untuk kesehatan emosional batu ini dipercaya dapat menghilangkan stres sehingga dalam dunia terapi healing batu ini dikenal dengan nama ‘stres stone’ . Menurut seorang ahli terapi energi kristal untuk mendapatkan efek maksimal dari batu badar besi ini terutama yang berhubungan dengan kesehatan emosional bisa dengan cara dimasukkan dalam saku baju atau diletakkan dibawah bantal saat akan tidur. Kepercayaan terhadap khasiat batu akik badar besi atau jenis akik lainnya, sangat tergantung pada masing-masing individu, mau percaya atau tidak, namun yang jelas bahwa sebuah batu akik bisa membawa ketenangan bagi pemiliknya memang masuk akal terlebih jika ia merasa puas dan merasa senang dengan batu yang ia miliki.(Sumber: akiks.com)
Batu Akik Red Raflesia atau yang juga disebut Batu Cempaka merah ini merupakan batu alam asli Bengkulu. Batu ini masuk kategori Red Carnelian Chalcedony dan termasuk salah jenis batu akik populer di Indonesia sehingga sering kali menjadi pembicaraan di kalangan kolektor dan penghobi. Selain warnanya yang indah batu ini termasuk jenis batu akik yang sudah mulai langka dan sulit ditemukan, kalaupun batu ini banyak tersedia di pasaran tentu harganya cukup mahal. Untuk ukuran standar batu cincin batu rafflesia bisa dibandrol 5 juta rupiah perbuah. Penamaan pada batu ini tak lepas dari kemiripan warnanya dengan warna bunga ‘Rafflesia’ yang selama ini kita kenal. Sebenarnya jenis batu akik ini memiliki beberapa varian warna berbeda selain warna merah muda (red raflesia) ada juga warna Orange Rafflesia,Yellow Rafflesia (kuning) dan white Rafflesia (putih). Selain batu akik red raflesia, Bengkulu juga menghasilkan berbagai jenis batu akik yang tak kalah populer yang saat ini banyak ditemukan di pasaran seperti batu akik badar lumut, cempaka limau, kecubung atau jenis lainnya, hanya saja Red Raflesia masih menempati urutan pertama sebagai batu paling populer asal Bengkulu, bahkan popularitas batu ini hampir menyamai kepopuleran batu bacan asal Maluku Utara.
Khasiat Batu Red Raflesia
Batu raflesia sama halnya dengan batu akik jenis lain, dipercaya mempunyai khasiat dan manfaat jika dikenakan atau dijadikan sebagai perhiasan. Diantara khasiatnya konon bisa membawa ketenangan dan ketentraman bagi pemakainya.
Berikut ini khasiat Batu Raflesia atau Red Carnelian Chalcidony untuk terapi kesehatan diantaranya:
  • Untuk menyeimbangkan tingkat energi tubuh
  • Meningkatkan energi tubuh dan menambah nafsu makan
  • Memperkuat daya tahan tubuh dan menambah stamina
  • Untuk keberuntungan dan kemakmuran hidup
  • Dijadikan sebagai azimat untuk sukses dalam setiap usaha
  • Red Carnelian (raflesia) juga disebut singer stone (penambah bagus suara) cocok buat penyanyi
  • Azimat untuk terhindar dari kebakaran, pencurian, badai dan lain-lain
  • Untuk daya tarik, kasih sayang dan cinta
  • Mengatasi masalah pada punggung bawah, rematik, arthritis, neuralgia, dan mempercepat penyembuhan tulang
  • Membantu menghilangkan stres dan depresi
Terlepas dari kepercayaan sebagian orang akan khasiat batu akik termasuk khasiat batu red raflesia,bahwa batu ini memang memiliki corak yang sangat indah sehingga secara tidak langsung telah membantu pemiliknya merasakan kesenangan karena perasaan puas menikmati indahnya batu yang dimiliki. (Sumber: akiks.com)
Batu Black Jade atau Giok Hitam adalah salah satu jenis batu giok yang juga banyak ditemukan di dunia dan merupakan varian dari batu giok hijau yang selama ini kita kenal. Batu Giok memang sudah pepuler sejak ribuan tahun lalu baik sebagai perhiasan atau atau banyak juga digunakan sebagai media terapi kesehatan. Batu giok memiliki banyak varian warna selain warna hijau yang selama sudah sangat populer dikalangan para pencinta batu permata.
Ada juga giok warna hitam yang disebut dengan Black Jade, kuning dan giok warna putih. Hanya saja warna yang paling paling dan banyak dikenal masyarakat adalah Giok Hujau (Green Jade). Meskipun tidak sepopuler giok hijau, Black jade juga banyak digunakan sebagai perhiasan seperti batu cincin, liontin, gelang atau perhiasan jenis lain dan juga diminati para pencinta batu permata. Black Jade banyak ditemukan diberbagai negara termasuk di Indonesia, seperti di Desa Gayo Provinsi Aceh atau wilayah yang selama ini sudah dikenal luas sebagai wilayah penghasil batu giok terbesar di Indonesia. Bahkan baru-baru ini di Aceh juga ditemukan batu giok dengan berat kurang lebih 20 ton dan sempat membuat heboh.
Khasiat Black Jade (Giok Hitam)
Sama halnya dengan batu giok pada umumnya, Black jade juga dipercaya memiliki kahasiat yang baik untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan ketidakstabilan emosional dan batu ini juga sering disebut batu kesehatan. Konon energi aktif yang keluar dari dalam batu black jade mampu memberikan efek penyembuhan terhadap penyakit tertentu serta dapat menjaga kestabilan emosional pemakainya, menenangkan dan bisa membawa ketentraman. Selain itu, black jade juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peredaran dalam tubuh sehingga baik digunakan bagi mereka yang memiliki masalah jantung. Tak hanya memberikan efek terapi kesehatan, black jade juga dipercaya bisa dijadikan sebagai azimat untuk pelaris dan daya tarik
Harga Black Jade
Di pasaran, harga black jade lebih murah dibandingkan dengan Green jade (giok) mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada ukuran dan kualitas batu. Semakin besar ukuran atau semakin baik kualitas batu maka akan semakin mahal harganya.
Namun untuk urusan harga sangat relatif, terkadang batu dengan kualitas bagus bisa diperoleh dengan harga murah tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual. Biasanya beda wilayah beda pula harga yang ditawarkan. DiAceh misalnya bisa lebih murah dibandingkan di Jakarta atau ditempat lain di Indonesia. (Sumber: akiks.com)

Batu Klawing adalah jenis batu akik yang banyak ditemukan diwilayah Purbalingga Jawa Tengah tepatnya di sungai Klawing sehingga batu akik yang banyak ditemukan disepanjang aliran sungai itu lebih dikenal dengan nama batu klawing.
Sebenarnya batu kelawing ini ada bermacam-macam atau terdiri dari berbagai jenis seperti jenis batu akik panca warna, nagasui, Jasper, Hematite, Citrine, Crystal Quartz. Bahkan batu yang pernah ditemukan disungai tersebut pernah memenangkan kontes tingkat Asean. Sungai Klawing sendiri merupakan sungai utama yang berada di wilayah Purbalingga Jateng, melintas purbalingga dari arah utara ke selatan dan bermuara pada bertemunya sungai Serayu dan Klawing. Di sepanjang sungai itulah berbagai jenis batuan semi mulia dengan beraneka ragam warna di temukan dan siap dibentuk menjadi aneka perhiasan seperti batu cincin dan liontin.
Penemuan batu akik di wilayah sungai Klawing mulai ramai sejak 2013 lalu dan membuat sungai klawing makin dikenal masyarakat sebagai wilayah penghasil batu mulia berkualitas terutama bagi kalangan kolektor, terlebih dalam beberapa tahun belakangan ini, dimana perburuan batu akik sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh banyak orang terutama para pencinta batu. Sebagai salah satu wilayah yang banyak menghasilkan batu akik berkualitas asal Indonesia, membuat Purbalingga Jawa Tengah menjadi tujuan perburuan batu permata yang terkenal di Indonesia, selain Wonogiri yang juga dikenal sebagai wilayah penghasil batu akik berkualitas seperti batu akik fire opal. Dari sekian banyak jenis batu akik yang ditemukan di sungai Klawing, batu panca warna dan naga sui asal Klawing menjadi salah satu jenis batu yang paling terkenal dan banyak di incar para pencinta batu permata. Karena menurut para penggemar, batu panca warna klawing memiliki keunikan tersendiri.
Batu Panca Warna Klawing
Panca warna adalah jenis batu akik yang memiliki 5 warna atau terdapat berbagai mcam warna dalam satu jenis batu sehingga batu ini terlihat sangat unik danmenarik untuk dijadikan sebagai perhiasan baik sebagai batu cincin atau liontin. Batu panca warna dikenal juga dengan sebutan Ponco Worno asal kata Panca (lima) yang berarti lima warna. Jenis batu ini banyak disukai kolektor karena dinilai unik apalagi jika masuk batu berkualitas bagus seperti jenis batu yang banyak ditemukan di sungai klawing.
Naga Sui
Selain batu Panca warna di sungai Klawing juga banyak ditemukan jenis batu akik Naga Sui (Blood stone) atau akik darah. Batu akik ini biasanya memiliki 2 warna hijau tua bercampur warna kemerahan.
Selain kedua batu tersebut jenis batu lain yang juga ditemukan di daerah sungai Klawing seperti citrine, badar besi, kristal quartz yang tentunya memiliki kualitas yang cukup bagus dan sangat diminati banyak pencinta batu akik. (Sumber: akiks.com)

Biduri Bulan
Selama berabad-abad batu biduri bulan telah dikenakan sebagai perhiasan untuk mempercantik diri dan menambah keanggunaan pemakainya sehingga bisa tampil lebih sempurna bersama dengan kilau cahaya batu mulia Moonstone. Mengenakan batu permata ini tidak hanya dipercaya mampu menambah kecantikan pemakainya tapi juga dipercaya sebagai penarik simpati lewat aura mistis yang terpancar dari dalam batu. Dalam beberapa kebudayaan Moonstone dianggap sebagai batu mistik dan magis. Di India misalnya dipercaya sebagai batu suci, lambang kebijakasnaan dan kasih sayang. Ada juga yang menyebutnya sebagai batu ajaib dan batu mimpi, karena dipercaya, bahwa mereka yang mengenakan perhiasan batu biduri bulan saat tidur akan mengalami mimpi yang indah sepanjang malam. Berbeda di negara Arab, Sebagian dari kaum wanita sering mengenakan batu moonstones (biduri bulan) dijahit dan dijadikan aksesoris pada pakaian dan dipercaya sebagai simbol kesuburan. Sedangkan di Prancis batu ini sudah populer sejak ratusan tahun lalu dan banyak menghiasi karya seni emas dan permata untuk perhiasan.
Bangsa Eropa mempercayai batu biduri bulan sebagai permata yang dapat mendamaikan pecinta atau mereka yang bermasalah dengan percintaan bisa kembali rukun serta dapat memperoleh ketenangan dan keharmonisan.
Manfaat Batu Biduri Bulan Berdasarkan warna :
1. Biduri Bulan Biru (Motif Mata Kucing)
Dipercaya dapat meningkatkan penglihatan (mata rabun), kejernihan pikiran dan biasa digunakan sebagai media meditasi, menyeimbangkan energi Yin dan Yang serta dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi
2. Baiduri Bulan Warna Abu-Abu (Gray Moonstone)
Dipercaya dapat membuka dan menyingkap tabir mistis, melihat hal-hal ghaib meningkatkan daya linuwih dan waskita
3. Biduri Bulan (White Moonstone)
Dipercaya dapat merangsang persepsi psikis, meningkatkan daya ingat, mengaktifkan energi kundalini pada seorang wanta serta dapat menyeimbangkan emosional bagi pria, menenangkan anak-anak yang sulit tidur, mengusir mimpi buruk dan insomnia
4. Biduri Bulan Kuning (Yellow Moonstone)
Dipercaya dapat meningkatkan daya kerja jantung, meningkatkan daya pikir, mengatasi stres, menenangkan pikiran, mengatasi depresi (kekhawatiran dan kecemasan),
5. Biduri Bulan Warna Pelangi (Rainbow Moonstone)
Dipercaya dapat membersihkan pikiran dan indra, menyebarkan energi dan aura, membawa ketenangan batin, mengatasi akibat gangguan insomnia, dipercaya dapat selalu terhubung dengan energi alam dan meningkatkan kesadaran diri. (Sumber: akiks.com)

Batu Permata Idocrase merupakan jenis permata langka dan banyak diminati kalangan kolektor lokal maupun mancanegara. Sehingga batu mulia ini sering menjadi buruan para pencinta batu/gemslover dari berbagai negara dan membuat harga batu itu semakin melambung tinggi.Salah satu jenis batu idocrase atau idokras yang saat ini tengah menjadi primadona kalangan penggemar adalah jenis batu giok jenis bio solar Aceh. Popularitas batu ini terus menanjak, di tengah semakin gencarnya para penggemnar yang terus memburunya, terlebih setelah beberapa waktu lalu, batu ini berhasil memenangkan kontes pada ajang Indonesia Gemstone (IGS) yang digelar di Jakarta pada awal september 2014 lalu. Menurut salah seorang pedagang asal Aceh, harga batu idocrase saat ini bisa dikatakan sangat mahal dibandingkan beberapa waktu lalu yang sangat terjangkau atau sebelum batu ini dilirik banyak kolektor. Saat ini satu butir batu jenis indocrase bisa berharga puluhan juta rupiah, bahkan dalam sebuah pameran batu bio solar idocrase terjual dengan harga Rp. 200 Juta.
Jenis batu akik idocrase yang ada di Indonesia saat ini masih ditemukan di dua tempat yaitu Sumatera Barat dan Nangroe Aceh Darussalam. Jenis idocrase dari Sumatera Barat lebih dikenal dengan Batu lumut Sungai Dareh sedangkan idocrase Aceh dikenal dengan nama Batu Giok Lumut Aceh Atau Batu Bio Solar yang beberapa waktu lalu berhasil memenangkan kontes batu alam di Jakarta.
Jenis Batu Akik Idocrase
Jika dilihat secara fisik Jenis Batu Idocrase terbagi menjadi 3 macam yaitu
  • Masif (tidak tembus cahaya)
  • Tembus cahaya berserat tipis dan
  • Transparan
Jenis idocrase masif atau dengan ciri gelap dan tidak tembus cahaya termasuk jenis paling banyak ditemukan di lokasi penambangan dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Sedangkan jenis berserat tipis sampai bening transparan termasuk jenis langka dan hanya bisa ditemukan dalam jumlah terbatas, itu pun harus melakukan penggalian diantara batu-batuan keras yang mengapitnya. Kelangkaan dan terbatasnya persediaan, baik di lokasi penambangan atau dipasaran menjadi salah satu penyebab jenis batu idocrase berharga sangat mahal. Belum lagi jenis batu ini, bukan hanya digemari kolektor lokal bahkan sering menjadi incaran kolektor mancanegara. (Sumber: akiks.com) 
Hampir semua penggemar batu cincin telah mengenal batu merah siam. Nama batu ini cukup melegenda di Indonesia bahkan orang-orang tua zaman dulu terutama mereka yang hobi batu akik selalu menyandingkannya dengan batu merah delima dan dianggap sebagai bertuah dan berkhadam.
Batu merah siam identik dengan batu akik berdaya magis tinggi yang berasal dari alam ghaib. Jika melihat orang-orang dulu mengenakan batu akik dengan warna merah tua dan bening, lalu jika ditanya biasanya jawaban yang akan kita peroleh ada dua, kalau tidak mirah siem, mereka akan menjawab bahwa batu yang dikenakan adalah hati ayam. Kenapa mereka tidak menyebut merah delima?, Karena untuk yang terakhir ini sangat tidak mungkin, menurut kebanyak orang batu merah delima dianggap sebagai batu luar biasa yang tidak sembarang orang bisa memiliki. Sebenarnya batu merah siem, menurut sebagian penggemar batu mulia dianggap nama lain dari merah ruby sintetis dan keduanya sama-sama memiliki dua warna yaitu merah muda dan merah tua (gelap). Batu merah ruby jenis batu mulia dari kelurga mineral korundum atau masih saudaraan dengan batu safir. Perbedaannya jika korumdum berwarna merah disebut ‘ruby’ sedang yang berwarna selain merah disebut ‘safir’ seperti blue safir, safir kuning dan lain-lain.
Terlepas dari perbedaan anggapan terhadap batu merah siem yang memang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Sebagian gemlover percaya bahwa batu alam yang tercipta secara alami selama ribuan tahun dipercaya memiliki energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya.
Khasiat batu merah siem dipercaya, diataranya sebagai:
  • Pengasihan untuk menarik simpati orang lain
  • Kemudahan mendapatkan reziki asal berusaha
  • Batu keberuntungan dan hoki
  • Untuk meningkatkan wibawa dan karismatik
  • Meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh
  • Memancarkan aura positif
  • Tapi, kekuatan hanya milik Allah SWT.
Perbedaan warna pada batu ini juga dianggap memiliki khasiat berbeda pula. Untuk jenis batu merah siem warna merah tua dipercaya memiliki daya magis lebih kuat dan mumpuni dibandingkan dengan yang berwarna merah muda. Konon energi batu ini bisa menyerap kekuatan energi chi yang ada di alam sekitarnya kemudian energi itu masuk ke dalam tubuh dan membias dalam bentuk aura yang bisa membawa manfaat bagi pemakainya. (Sumber: akiks.com)
Ini hanyalah sedikit saja mengenai berbagai macam dan jenis batu mulia atau batu akik yang menjadi fenomena saat ini; apakah trend batu akik ini akan terus berlanjut atau ada fenomena baru batu akik yang akan booming seiring dengan adanya Konfrensi Asia Afrika di Bandung yang salah satu souvenirnya adalah batu akik juga. Kita tunggu saja event KAA ini untuk fenomena selanjutnya yang terjadi mengenai Batu Akik ini.
Hendaklah bijak dalam pemanfaatan sumber daya alam yang telah disediakan alam untuk manusia di dunia ini oleh sang Pencipta (Allah); dan mulailah menghargai alam dengan tidak merusaknya hanya demi hobi sesaat.
Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan pembaca. Salam.