Thursday 25 June 2015

Kuliner menjadi sebuah Ikon Kota



Perjalanan kuliner di Nusantara ini bahkan didunia sudah berjalan sangat panjang, bahkan mungkin sejak pertama manusia ada dan diciptakan dimuka bumi ini umurnya. Di Nusantara ini kita mengenal berbagai macam kuliner atau masakan khas daerah setempat yang menjadi populer bahkan mendunia; diantaranya : Nasi Goreng, Sate dan Rendang.
Untuk menjadi kuliner atau masakan yang sangat dikenal dan menjadi ikon sebuah kota tidaklah mudah. Butuh proses waktu yang sangat panjang dan ketekunan dari seorang maestro masak atau kokinya. Dan
setiap koki yang sudah berpengalaman tentu selalu mencoba melakukan eksperimen membuat menu baru supaya pengunjung atau penikmat kulinernya tidak bosan. Mereka juga suka melakukan travelling kedaerah lainnya untuk mencari ide masakan khas yang bisa menambah wawasan mereka berkreativitas.
Banyak macam masakan atau sajian kuliner bernama “Soto” di Nusantara ini, antara lain: Soto kuning Bogor, Soto Betawi, Soto Madura, Soto Ayam, Soto Lamongan, Soto Bangkong, dan soto lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu karena banyaknya sajian soto di Nusantara ini. Tapi kebanyakan soto yang disebutkan diatas mereka berbahan dasar daging sapi, kerbau, ayam dan mungkin kambing. Masakan soto ini sudah seperti melekat dengan masyarakat Indonesia; merupakan masakan warisan turun menurun dari bangsa Indonesia yang tidak pudar ditelan jaman.
Sajian khusus dikota Cibinong ini adalah salah satu sajian kuliner Soto yang berbahan dasar ikan air tawar; telah banyak dikenal orang yaitu “Soto Ikan Gurame” . Banyak penikmat kuliner dari Nusantara ini datang ke kota Cibinong hanya untuk menikmati semangkuk Soto Ikan Gurame. Dan banyak media massa elektronik yang meliputnya, sehingga akhir-akhir ini orang yang sedang berkunjung ke kota Cibinong merasa belum lengkap kalau belum menikmati semangkuk “Soto Ikan Gurame”.  Atau sekedar membeli oleh-oleh khas dari kota Cibinong. Bahkan di webnya pemda kota kabupaten Cibinong; sajian kuliner “Soto Ikan Gurame” menjadi kuliner rekomended kota Cibinong selain Laksa Ayam Cibinong.

Soto Ikan Gurame ini merupakan masakan spesial yang banyak dipesan oleh tamu / pengunjung Rumah Makan Ciriung Indah di kota Cibinong, karena memiliki keunikan rasa dari sajian “Soto Ikan Gurame” ini ada rasa gurih, asin, asam dan pedas. Soto Ikan Gurame ini berkuah bening dan berwarna kekuningan, dan mempunyai cita rasa rempah-rempah tradisional dan alami yang khas. Dan penyajian Soto Ikan Gurame ini sangatlah berbeda dari soto-soto lainnya serta dari sup ikan yang ada didaerah atau kota lainnya.
Penyajian Soto Ikan Gurame di Rumah Makan Ciriung Indah ini, memakai ikan gurame yang segar dan masih hidup, ditangkap dulu sebelum memasaknya menjadi sajian yang istimewa. Dan untuk bumbunya memakai bahan rempah-rempah tradisional dan alami, seperti: bawang, jahe, kunyit, cabe, belimbing wuluh dan lain-lain. Semua bahan-bahan tersebut menyatu dan tersaji menjadi semangkuk “SOTO IKAN GURAME” yang akan menggugah selera penikmatnya.
Akhirnya masakan atau sajian kuliner dari Rumah Makan Ciriung Indah ini dapat diterima oleh masyarakat penikmat kuliner dan menjadi sebuah ikon dari sebuah kota di Jabodetabek ini, tepatnya di kota Cibinong.

Demikianlah sekilas mengenai kuliner yang dapat mengangkat nama sebuah kota yang penulis coba sajikan disini, jangan bosan berkunjung di blog ini. 

Salam hangat buat pengunjung blog ini, semoga wawasan anda dapat bertambah. GBU.